PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
Nama : Maya Astuti
Kelas : 2ka20
NPM : 16114499
Kelas : 2ka20
NPM : 16114499
Teori Organisasi Umum
|
PERUBAHAN DAN
PENGEMBANGAN ORGANISASI
|
Faktor
Perubahan
nLingkungan
yang bersifat dinamis, kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat
organisasi harus melakukan perubahan secara berkelanjutan.
nFaktor-faktor yang menyebabkan
perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi.
ØFaktor
internal: tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi
yang digunakan.
ØFaktor eksternal: politik, pendidikan,
ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi.
nLingkungan yang bersifat dinamis,
kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat organisasi harus
melakukan perubahan secara berkelanjutan.
nFaktor-faktor yang menyebabkan
perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi.
ØFaktor
internal: tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi
yang digunakan.
ØFaktor eksternal: politik,
pendidikan, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi.
Manajer:
Agent of Change
nAgent
of changeadalah seseorang atau sekelompok orang yang berusaha mengubah
perilaku orang lain atau sistem sosial yang ada.
nTop-down
change: perubahan yang ditentukan oleh manajemen tingkat atas, umumnya
bersifat strategis dan komprehensif.
nBottom-up change: usul perubahan
berasal dari individu yang ada dalam organisasi, didukung oleh manajer menengah
dan tingkat bawah sebagai agen perubahan.
Jenis
Perubahan
nPerubahan tidak terencana (unplanned
change)
ØPerubahan bersifat spontan, tanpa ada
arahan dari agen perubahan, misal: pemogokan liar yang membuat pabrik tutup,
atau konflik interpersonal yang menghasilkan prosedur baru dalam hubungan antar
departemen.
nPerubahan terencana (planned change)
ØPerubahan dihasilkan oleh usaha-usaha
yang dilakukan oleh agen perubahan. Perubahan ini merupakan respon dari adanya
perbedaan antara apa yang diharapkan dan kondisi aktual (performance gap).
Target
Perubahan
nTugas:
sifat dasar pekerjaan yang ditunjukkan oleh misi, tujuan dan strategi
organisasi serta desain pekerjaan untuk individu/kelompok.
nSDM/personalia:
perilaku dan kemampuan karyawan serta sistem SDM yang mendukungnya.
nBudaya:
sistem nilai yang dimiliki organisasi secara keseluruhan serta norma yang
mengarahkan perilku individu/kelompok.
nTeknologi:
teknologi untuk mendukung desain pekerjaan, mengatur aliran kerja, dan
mengintegrasikan manusia dan mesin dalam sistem kerja.
nStruktur: susunan organisasi
sebagai sistem kompleks termasuk birokrasi, jalur wewenang dan komunikasinya.
Tahapan
Perubahan
nUnfreezing
ØOrang
merasakan adanya kebutuhan untuk berubah dan mempersiapkan diri untuk perubahan
tersebut.
ØHal ini dapat dilakukan dengan:
üMembangun
hubungan baik dengan orang-orang yang terlibat dalam perubahan
üMembantu
orang menyadari bahwa perilaku lama tidak efektif
üMeminimalkan resistensi terhadap
perubahan
Changing
ØTahapan
implementasi perubahan, orang mulai mencoba perilaku baru dengan harapan akan
menaikkan efektifitasnya.
ØHal ini dapat dilakukan dengan:
üMengidentifikasi
perilaku baru yang lebih efektif
üMemilih
perubahan yang tepat
üMulai melakukan perubahan
Refreezing
ØTahapan
dimana orang memandang bahwa perilaku baru yang telah dicobanya selama periode
“changing” menjadi bagian dari orang tersebut.
ØHal ini dilakukan dengan:
üMenciptakan
penerimaan dan keberlanjutan terhadap perilaku baru.
üMeneyediakan
dukungan sumber daya yang diperlukan.
üMenggunakan reward berbasis kinerja dan
penguatan positif.
Strategi
Perubahan
nShared Power Strategy
ØStrategi
yang melibatkan partisipasi dari pihak-pihak yang terlibat untuk melakukan
perubahan sesuai dengan nilai, kebutuhan maupun tujuan individu/kelompok.
ØManajer
memerlukan reference powerdan ketrampilan untuk bekerja efektif bersama
berbagai pihak.
ØPerubahan ini memerlukan waktu yang
cukup lama, namun perubahan tersebut akanlebih tahan lama dan terinternalisasi
dalam diri masing-masing.
Pengembangan
Organisasi
nPengembangan organisasi (organization
development/OD) adalah suatu usaha jangka panjang untuk meningkatkan kemampuan
organisasi dalam menghadapi kondisi lingkungan dan menyelesaikan
permasalahannya.
nOD bisa dikatakan sebagai “perubahan
terencana plus”, dimana OD menciptakan suatu perubahan dengan suatu cara yang
membuat anggota organisasi dapat mengembangkan kemampuannya untuk secara aktif
terus melanjutkan pembaharuan.
Komentar
Posting Komentar