PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI

Nama : Maya Astuti
Kelas  : 2ka20
NPM   : 16114499

Teori Organisasi Umum
PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI


Faktor Perubahan
nLingkungan yang bersifat dinamis, kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat organisasi harus melakukan perubahan secara berkelanjutan.
nFaktor-faktor yang menyebabkan perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi.
ØFaktor internal: tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi yang digunakan.
ØFaktor eksternal: politik, pendidikan, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi.

nLingkungan yang bersifat dinamis, kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat organisasi harus melakukan perubahan secara berkelanjutan.
nFaktor-faktor yang menyebabkan perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi.
ØFaktor internal: tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi yang digunakan.
ØFaktor eksternal: politik, pendidikan, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi.

Manajer: Agent of Change
nAgent of changeadalah seseorang atau sekelompok orang yang berusaha mengubah perilaku orang lain atau sistem sosial yang ada.
nTop-down change: perubahan yang ditentukan oleh manajemen tingkat atas, umumnya bersifat strategis dan komprehensif.
nBottom-up change: usul perubahan berasal dari individu yang ada dalam organisasi, didukung oleh manajer menengah dan tingkat bawah sebagai agen perubahan.

Jenis Perubahan
nPerubahan tidak terencana (unplanned change)
ØPerubahan bersifat spontan, tanpa ada arahan dari agen perubahan, misal: pemogokan liar yang membuat pabrik tutup, atau konflik interpersonal yang menghasilkan prosedur baru dalam hubungan antar departemen.

nPerubahan terencana (planned change)
ØPerubahan dihasilkan oleh usaha-usaha yang dilakukan oleh agen perubahan. Perubahan ini merupakan respon dari adanya perbedaan antara apa yang diharapkan dan kondisi aktual (performance gap).

Target Perubahan
nTugas: sifat dasar pekerjaan yang ditunjukkan oleh misi, tujuan dan strategi organisasi serta desain pekerjaan untuk individu/kelompok.
nSDM/personalia: perilaku dan kemampuan karyawan serta sistem SDM yang mendukungnya.
nBudaya: sistem nilai yang dimiliki organisasi secara keseluruhan serta norma yang mengarahkan perilku individu/kelompok.
nTeknologi: teknologi untuk mendukung desain pekerjaan, mengatur aliran kerja, dan mengintegrasikan manusia dan mesin dalam sistem kerja.
nStruktur: susunan organisasi sebagai sistem kompleks termasuk birokrasi, jalur wewenang dan komunikasinya.






Tahapan Perubahan
nUnfreezing
ØOrang merasakan adanya kebutuhan untuk berubah dan mempersiapkan diri untuk perubahan tersebut.
ØHal ini dapat dilakukan dengan:
üMembangun hubungan baik dengan orang-orang yang terlibat dalam perubahan
üMembantu orang menyadari bahwa perilaku lama tidak efektif
üMeminimalkan resistensi terhadap perubahan

Changing
ØTahapan implementasi perubahan, orang mulai mencoba perilaku baru dengan harapan akan menaikkan efektifitasnya.
ØHal ini dapat dilakukan dengan:
üMengidentifikasi perilaku baru yang lebih efektif
üMemilih perubahan yang tepat
üMulai melakukan perubahan

Refreezing
ØTahapan dimana orang memandang bahwa perilaku baru yang telah dicobanya selama periode “changing” menjadi bagian dari orang tersebut.
ØHal ini dilakukan dengan:
üMenciptakan penerimaan dan keberlanjutan terhadap perilaku baru.
üMeneyediakan dukungan sumber daya yang diperlukan.
üMenggunakan reward berbasis kinerja dan penguatan positif.


Strategi Perubahan
nShared Power Strategy
ØStrategi yang melibatkan partisipasi dari pihak-pihak yang terlibat untuk melakukan perubahan sesuai dengan nilai, kebutuhan maupun tujuan individu/kelompok.
ØManajer memerlukan reference powerdan ketrampilan untuk bekerja efektif bersama berbagai pihak.
ØPerubahan ini memerlukan waktu yang cukup lama, namun perubahan tersebut akanlebih tahan lama dan terinternalisasi dalam diri masing-masing.

Pengembangan Organisasi

nPengembangan organisasi (organization development/OD) adalah suatu usaha jangka panjang untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghadapi kondisi lingkungan dan menyelesaikan permasalahannya.


nOD bisa dikatakan sebagai “perubahan terencana plus”, dimana OD menciptakan suatu perubahan dengan suatu cara yang membuat anggota organisasi dapat mengembangkan kemampuannya untuk secara aktif terus melanjutkan pembaharuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi sastrawan "Godi Suwarna"

membuat pepes ikan (Bahasa sunda)

Sinosis Novel Di bawah Lindungan Ka'bah