Tugas 1 : "Manajemen Layanan Sistem Informasi"

Tugas 1 Softskill Manajemen Layanan Sistem Informasi

Nama : Maya Astuti
NPM : 16114499
Kelas : 2KA20

Pengertian Layanan Manajemen Sistem Informasi dan Six Sigma 

Pengertian Manajemen
Kata manajemen berasal dari bahasa inggris, "Manage" yang memiliki arti mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin. Manajemen adalah Sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi.
Pengertian Layanan
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pelayanan adalah menolong menyediakan segala apa yang diperlukan orang lain seperti tamu atau pembeli. Menurut Kotler (1994), pelayanan adalah aktivitas atau hasil yang dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang biasanya tidak kasat mata, dan hasilnya tidak dapat dimiliki oleh pihak lain tersebut. Hadipranata (1980) berpendapat bahwa, pelayanan adalah aktivitas tambahan di luar tugas pokok (job description) yang diberikan kepada konsumen-pelanggan, nasabah, dan sebagainya-serta dirasakan baik sebagai penghargaan maupun penghormatan.
Pengertian Sistem Informasi
Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi operasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Jadi, Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu proses kerja sama untuk menolong atau membantu segala apa yang diperlukan orang lain  untuk kebutuhn organisasi yang bersifat manajerial dengan suatu strategi.

Pengertian Six Sigma
Six Sigma    didefinisikan sebagai  suatu  metode  peningkatan proses  produksi dengan   memfokuskan   diri   dalam   menemukan   faktor-faktor  penyebab    cacat   dan kesalahan. Kemudian melakukan tindakan  lanjut  dalam  penanganannya sehingga mengurangi waktu  siklus dan biaya operasi,  meningkatkan produktivitas, dan juga dapat memenuhi  kebutuhan  pelanggan  dengan  lebih  baik. Pada metode  Six Sigma  ini, proses penyelesaiannya  dibagi   menjadi    bagian,   yaitu   DMAIC   -  Define  (merumuskan), Measure  (mengukur), Analyze  (menganalisis), Improve  (meningkatkan/memperbaiki), Control (mengendalikan).
Dengan  penerapan Six Sigma ada beberapa manfaat yand diperoleh perusahaan, antara lain:
a.       Menghasilkan sukses yang berkelanjutan


Six   Sigma   menciptakan  keahlian   dan   budaya   tuk   terus   menerus    melakukan peningkatan. Hal ini sangat penting dalam upaya tuk menguasai  pertumbuhan pasar. Mengatur  tujuan kineija  untuk setiap orang
Dalam  suatu perusahaan, masing-masing fungsi, unit bisnis dan individu  mempunyai sasaran  dan  target  yang  berbeda-beda. Namun  Six  Sigma  membuat  setriap  orang bekeija dalam araban yang sama dan berfokus pada tujuan  bersama.
b.      Memperkuat nilai pada pelanggan


Dengan  persaingan yang ketat di setiap industry,  biaya pemgiriman produk  dan jasa yang   bermutu    ataupun    bebas   cacat   tidaklah    menjadmin  sukses.   Fokus   pada pelanggan  dan merencanakan bagaimana  mengirimkannya kepada  mereka secara menguntungkan.




c.       Mempercepat tindakan  perbaikan


Perusahaan yang tercepat  dalam melakukan perbaikian, memiliki  peluang yang besar dalam  memenangkan persaingan. Six sigma membantu pekerjaan  untuk  tidak hanya meningkatkan kinerja tetapi juga meningkatkan perbaikan.
d.      Melakukan perubahan strategi


Memperkenalkan produk  baru, meluncurkan kerja sama baru, memasuki  pasar baru, merupakan  aktivitas-aktivitas  bisnis  sehari-hari   yang  biasa  dilakukan oleh perusahaan. Dengan  lebih  memaharni  proses  dan prosedur  perusahaan, akan memberikan  kemampuan  yang  lebih   besar   untuk   melakukan  penyesuaian  kecil maupun  besar.

Sumber :
http://pengertian-pengertian-info.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-six-sigma-menurut-ahli.html
http://www.artikelteknologi.com/2015/11/pengertian-sistem-informasi-menurut-ahli.html






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi sastrawan "Godi Suwarna"

membuat pepes ikan (Bahasa sunda)

Sinosis Novel Di bawah Lindungan Ka'bah