INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Review Ex Machina

Awal mula dikisahkan Caleb yaitu seorang programmer computer dari perusahaan Blue Book terpilih menjadi pemenang kontes, ia berkesempatan datang ke kediaman bosnya yaitu Nathan. Disana Caleb bukan hanya sekedar tinggal namun diberi tugas oleh bosnya untuk membantu Nathan dalam eksperimennya. Ia disuruh untuk menguji ronot buatannya yang dalam wujud wanita bernama Ava. Namun ditengah-tengah pengamatannya ia tertarik dengan Ava yang sebenarnya memanfaatkannya agar dapat kabur dari tempat tersebut.

Beberapa interaksi manusia dan computer di film “EX MACHINA” :
1       1. Kecerdasan buatan yang luar biasa yang ditanamkan pada sebuah robot bernama Ava yang dapat                 berinterkasi dengan Caleb (Manusia) dengan mudah.
2   2. Robot Ava ini sudah dapat memiliki perasaan sebagaimana manusia pada umumnya.
3   3. Fasilitas yang ada di tempat tinggal Nathan sudah mempergunakan teknologi yang sangat canggih contohnya  kartu yang dipergunakan sebagai kunci untuk keluar masuk ke semua ruangan dan lampu yang hanya jika  menyebutkan ‘lights’ kemudian lampu akan otomatis mati ataupun menyala.

Pendapat :

Film Ex Machina adalah sebuah film science-fiction yang berhasil memberikan tontonan yang menghubungkan interaksi antara manusia dan komputer . Seperti kita ketahui bahwa manusia modern zaman sekarang tidak bisa jauh dari teknologi. Di film ini sosok Nathan ingin menciptakan sebuah interface yang dapat membantu dan mempermudah pekerjaan manusia dan memberitahu kita bahwa di masa depan nanti akan banyak robot-robot yang diciptakan yang memiliki kecerdasan melampaui manusia seperti kecerdasan Ava dalam film ini. Selain robot yang ditonjolkan dalam film ini banyak user interface modern lainnya yang ditunjukkan seperti contohnya kartu yang dapat memberikan akses keluar masuk tempat tinggal tersebut. Pada film user interface utamanya adalah mesin dan robot. Dalam film ini memberikan kita pengetahuan mengenai teknologi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia namun jangan sampai berlebihan dalam menciptakan dan memanfaatkan teknologi itu sendiri karena akan berbahaya untuk kehidupan manusia di masa depan dan nantinya robot/teknologilah yang akan memanfaatkan dan mengontrol manusia. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi sastrawan "Godi Suwarna"

membuat pepes ikan (Bahasa sunda)

Sinosis Novel Di bawah Lindungan Ka'bah