Postingan

TUGAS 2 SOFTSKILL MANAJEMEN LAYANAN DAN SISTEM INFORMASI

IT INFRASTUCTURE LIBRARY Sejarah IT Infrastucture Library (ITIL) IT Infrastucture library memberikan sebuah perangkat terpadu dari praktek-praktek terbaik untuk melayani manajemen IT. Sejarah ITIL dimulai tahun 1980 dimana era IT dunia mulai berkembang. Berawal dari PM Inggris, Margaret Thatcher yang menghabiskan lebih dari 8 Miliar Pounsterling untuk menyelesaikan masalah-masalah kualitas IT dalam pemerintahan. Margaret Thatcher memberikan tekanan politik kepada CCTA (Central Computer & Telephone Agency) untuk melakukan penghematan anggaran IT. CCTA adalah organisasi pemerintah Inggris yang mengendalikan anggaran IT. Oleh karena itu, kemudian dilakukan studi bersama untuk melaksanakan praktek-praktek terbaik dalam IT yang bertujuan untuk memberikan keandalan dan menurunkan anggaran IT. Untuk melakukan studi yang mencakup keseluruhan area serta semakin berkembangnya dunia IT, membutuhkan waktu yang lama, sehingga muncul beberapa laporan sementara. Pertama kali adalah G...

Tugas 1 : "Manajemen Layanan Sistem Informasi"

Tugas 1 Softskill Manajemen Layanan Sistem Informasi Nama : Maya Astuti NPM : 16114499 Kelas : 2KA20 Pengertian Layanan Manajemen Sistem Informasi dan Six Sigma  Pengertian Manajemen Kata manajemen berasal dari bahasa inggris, "Manage" yang memiliki arti mengelola/mengurus, mengendalikan, mengusahakan dan juga memimpin.  Manajemen adalah  Sebuah proses dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara bekerja secara bersama sama dengan orang - orang dan sumber daya yang dimiliki organisasi. Pengertian Layanan Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pelayanan adalah menolong menyediakan segala apa yang diperlukan orang lain seperti tamu atau pembeli. Menurut Kotler (1994), pelayanan adalah aktivitas atau hasil yang dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang biasanya tidak kasat mata, dan hasilnya tidak dapat dimiliki oleh pihak lain tersebut. Hadipranata (1980) berpendapat bahwa, pelayanan adalah aktivitas tambahan di luar...

PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI

Nama : Maya Astuti Kelas  : 2ka20 NPM   : 16114499 Teori Organisasi Umum PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI Faktor Perubahan n Lingkungan yang bersifat dinamis, kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat organisasi harus melakukan perubahan secara berkelanjutan. n Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi. Ø Faktor internal : tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi yang digunakan. Ø Faktor eksternal : politik, pendidikan, ekonomi, sosial, kebudayaan, dan teknologi. n Lingkungan yang bersifat dinamis, kompleks dan terkadang tidak dapat diprediksikan membuat organisasi harus melakukan perubahan secara berkelanjutan. n Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan berasal dari dalam maupun dari luar organisasi. Ø Faktor internal : tujuan,strategi dan kebijakan organisasi, kegiatan, dan teknologi yang digunakan. Ø Faktor ekste...

DESIGN DAN STRUKTUR ORGANISASI

Gambar
DESIGN DAN STRUKTUR ORGANISASI Pengertian struktur dan desain organisasi        a. Struktur Organisasi Struktur adalah cara sesuatu disusun atau dibangun organisasi yang merupakan suatu wadah berkumpulnya minimal dua orang untuk mencapai sebuah tujuan. Struktur Organisasi adalah Suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian secara posisi yang ada pada perusahaaan dalam menjalin kegiatan operasional untuk mencapai tujuan. Struktur organisasi adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal. Struktur organisasi ialah susunan pembagian tugas secara formal yang ada dalam sebuah organisasi. b. Desain Organisasi   Selain memiliki struktur, organisasi juga memiliki desain organisasi. desain organisasi, Ivancevich (2008) mendefinisikannya sebagai proses penentuan keputusan untuk memilih alternatif kerangka kerja jabatan, proyek pekerjaan, dan departemen. Dengan demikian, keputusan atau tindakan-tindak...